print dengan PHP

waduh, di tempat kerja gw d haruskan pake PHP! (padahal waktu kuliah belajar PHP gw ga pernah ngerti.. emoticon ngertinya cuma HTML itu juga ga di perdalamin!!) biasa manusia klo udah tuntutan pasti usahanya keras dan alhamdulillah jd jatuh hati nih ke PHP!!hehehe..

mentok waktu di suruh buat laporan! maunya kaya crystal report, ternyata ga ada! jd pake HTML aja deh!!

masih aja ada masalah, walaupun boleh tanpa tombol print yaitu pake File -> Print.. tapi gw kurang puas dengan itu!

tanya-tanya temen an konsultasi sama mbah google ternyata dapet juga dengan ga habis 1 hari!

ni codingnya :

Buat tombolnya printnya di halamn preview report

<input type=”button” name=”btn_cetak” onClick=”cetak()” value=”Cetak”>

Buat script javascript diantara tag

function cetak(param){
window.open(“cetak.php?param=”+param,”cetak”,”width=500,heigth=500,scrollbars=1″)
}

Di cetak php

Sehingga jika cetak.php diload maka akan langsung muncul dialog priint

eh, itu dapet dari orang!(bukan gw yg buat) ini cuma media penyampaian aja.. (semoga membantu) maklum blom menguasai (masih ngeja nih)

tapi itu gw juga masih blom puas!! karena bisa ngeliat hasilnya kalo udah di print aja! ok akhirnya cari-cari lagi dan mbah google sangat amat baik ngasih gw script seprti ini :

<html>
<head>
<title>Tes</title>

<style type="text/css">
@media print {
input.noPrint { display: none; }
}
</style>

</head>
<body>

<?php
class orang {
var $nama = ‘Nyoba Print’;
var $tinggal = ‘Di HTML’;
}
$new_plesh=new orang();
echo "Tugas saya adalah ".$new_plesh->nama;
echo "<br>";
echo "Tinggal di :".$new_plesh->tinggal;

?>
<form><input class="noPrint" type="button" value="Print" onclick="window.print()"></form>

</body>
</html>

dengan itu gw baru berasa puas!

pertamanya sih tombol printnya pun ikut ke print, tapi pas pake css itu selesai juga 1 masalah gw! alhamdulillah

nb : semoga berguna

9 Responses to print dengan PHP

  1. erta says:

    Mas, ini adalah salah satu artikel yg saya cari,…trims sudah menuliskannya…ntar akan dicoba….
    Kalau ada sebenarnya saya pengen yang lebih komplit, contohnya seperti pendaftaran siswa baru, trus bisa diprint out kartu pendaftaran pesertanya yang ada fotonya sekalian.

  2. rifkyiip says:

    Waduh maunya juga komplit mbak, tapi tar garing lg baca blognya…

    sukses ya mbak u/ pencariannya.. 😀

  3. Fery says:

    cooooool mas, pas banget

  4. budi says:

    Trims Buanyakkk gan, sangat bermanfaat 🙂

  5. uti says:

    terima kasih scriptnya bisa & bermanfaat

  6. Reynald says:

    klo boleh tau cara tutup itu button pake css gimana ya gan? trims

  7. kurang lengkap mas??
    (rentcardibalinet.wordpress.com)

  8. ridwan says:

    mas kalo saya tes print pke xps writer ko muncul url nya di kiri atas yah .. bisa di ilangin ga ya ? tq

  9. rojhieb says:

    untuk demonya bisa dilihat dimana master

Leave a comment